RAKORNAS PTSP Tahun 2015 diselenggarakan di Surabaya

Jatim Newsroom -  Guna mempermudah proses perizinan sektor investasi, Gubernur Jatim H Soekarwo menekankan peningkatan pelayanan dengan menggunakan akses informasi dan teknologi. Salah satu cara yang dilakukan, yakni dengan menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (PTSP)  secara online.

“Layanan dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat sudah stabil. Nanti layanan tidak secara fisik lagi melainkan masyarakat bisa menikmati layanan dengan mengakses informasi melalui teknologi. Ini penting agar segi pelayan tersebut bisa meningkat lagi,” ujar Soekarwo saat membuka Rakornas PTSP di Surabaya, Kamis (19/11).

Menurutnya, pemerintah daerah harus terus melakukan berbagai inovasi pelayanan. Hal itu, sudah menjadi komitmen dari pemimpin agar kesuksesan dalam melayani masyarakat bisa tercapai.

Soekarwo pun menyoroti kecepatan dan kenyamanan kepada masyarakat terutama dalam segi perizinan investasi harus di mudahkan. “Kecepatan perizinan dalam berinvestasi ini ini bisa menjadi keunggulan suatu negara untuk menghadapi persaingan global saat ini,” ungkapnya.

Selain itu, yang perlu dicermati ialah justru perekonomian investasi non fasilitas yang kini mencapai 53 persen. Dibandingkan PMA (penenaman modal asing) yang hanya bernilai 11 persen dan PMDN sebesar 13 persen. “Ini membuktikan bahwa para pengusaha di Indonesia mendapat kesulitan dalam perizinan berinvestasi,” katanya.

Ia menjelaskan, semakin banyak masyarakat yang bisa mendapat kemudahan perizinan berinvestasi, maka semakin banyak pula lapangan kerja yang bisa di bangun. Mengingat jumlah penduduk di Indonesia saat ini yang terusberkembang sangat membutuhkan dibukanya lapangan kerja baru.

“Tidak ada negara yang bisa tumbuh tanpa investasi, tidak ada negara yang bisa membuka lapangan kerja tanpa investasi,” tegasnya. Ia menambahkan, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, maka harus di dukung oleh pelayanan yang memadai, karena dari dari primer ke skunder dibutuhkan berlipat-lipat pelayanannya. (afr,upn/unt)

sumber: http://jatimprov.go.id/read/berita-pengumuman/gubernur-tekankan-ptsp-sistem-online

Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar